PENGARUH PEMBERIAN DONGENG BERTEMA PROSOSIAL TERHADAP PENURUNAN PERILAKU AGRESIF ANAK

ATTIN ANGGRAENI

Abstract


Setiap orang tua tentu menginginkan agar anak mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi anak yang pandai, kreatif, patuh, berkata dan berperilaku santun pada setiap orang. Namun adakalanya dimana tidak semua keinginan tersebut terpenuhi. Ini disebabkan karena anak mereka yang dulu terlihat lucu, kini berubah menjadi anak yang suka membentak, berteriak dengan kasar ketika apa yang diinginkannya tidak terpenuhi, suka memukul dan menendang ataupun suka mengejek temannya. Perilaku menyakiti dan mengganggu tersebut merupakan bentuk-bentuk dari perilaku agresif anak. Namun perilaku agresif yang dilakukan oleh anak dapat dikurangi, jika anak mendapat perlakuan yang tepat. Salah satu media alternatif pendidikan yang dapat diberikan pada anak untuk meminimalkan perilaku agresif tersebut adalah dengan pemberian dongeng bertema prososial.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan desain eksperimen kasus tunggal (single case eksperimental design). Desain ini digunakan untuk mengetahui efek suatu perlakuan dengan jalan membandingkan kondisi atau performansi subyek dari waktu ke waktu. Subyek diamati perilakunya pada keadaan tanpa perlakuan dan dengan perlakuan secara bergantian. Perilaku yang diamati diukur berulang-ulang selama periode tertentu sebelum perlakuan, selama perlakuan maupun setelah perlakuan. Subyek penelitian yang digunakan adalah sebanyak tiga orang anak berusia tujuh tahun yang memiliki ciri-ciri perilaku agresif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pencatatan observasi langsung dengan metode checklist. Analisa data pada penelitian ini menggunakan analisa grafik yang bertujuan untuk membantu mengorganisasi data sepanjang proses pengumpulan data yang nantinya akan mempermudah dalam proses menganalisis pengaruh pemberian dongeng bertema prososial terhadap penurunan perilaku agresif anak.
Adapun hasil yang diperoleh adanya pengaruh pemberian dongeng bertema prososial terhadap penurunan perilaku agresif, hal ini ditandai dengan perubahan pada grafik frekuensi perilaku agresif yang semakin menurun selama 10 kali pemberian dongeng bertema prososial. Selain itu, dalam proses pemberian dongeng bertema prososial, ditemukan bahwa perilaku agresif subyek yang berbentuk memukul temannya, hanya muncul ketika subyek mendapatkan provokasi dari temannya.

 

Keyword : Perilaku Agresif Anak, Pemberian Dongeng Bertema Prososial

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/314/jiptummpp-gdl-s1-2009-attinanggr-15688-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Perilaku Agresif Anak; Pemberian Dongeng Bertema Prososial; UMM