GAYA KEPEMIMPINAN PADA POLISI WANITA

KHOLILAH YULISSAUDAH

Abstract


Berkembang tidaknya suatu organisasi ditentukan oleh seorang pemimpin, karena pemimpin mempunyai arti penting bagi anggotanya. Fungsi pemimpin sebagai motivator, pemecah masalah, pengelola dan pengembang kebijakan suatu organisasi. Untuk melaksanakan semua fungsi kepemimpinan tersebut, seorang pemimpin menggunakan suatu gaya kepemimpinan, yaitu salah satu cara bagi seorang pemimpin untuk menggerakkan sistem atau semua anggotanya yang berada dalam suatu organisasi menuju sasaran yang dituju. Wanita adalah salah satu pemimpin yang masih diragukan kemampuannya dalam hal memimpin. Namun pada kenyataannya, sekarang ini banyak wanita yang menjadi pemimpin disegala bidang, sepert bidang militer yang lebih sering digeluti oleh laki-laki.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan gaya kepemimpinan pada polisi wanita. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 2 Desember 2008, dengan melibatkan 3 pemimpin polsek sebagai sumber primer dan 6 anggota polsek sebagai sumber sekunder. Penelitian ini juga didasarkan oleh metode purposive sampling, dimana ke 9 subyek tersebut berada dibidang kepolisian dengan ketentuan masa kerja sebagai seorang pemimpin selama 2 tahun, beserta anggotanya yang memiliki intensi keja dengan pemimpin tersebut selama 2 tahun. Proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan pada polisi wanita yaitu cenderung menggunakan gaya kepemimpinan demokratis. Hal ini didukung oleh kepemimpinan wanita yang lebih berorientasi pada sisi kemanusiaan, dengan melihat cara berkomunikasi serta pengarahan yang lebih tepat terhadap semua anggotanya. Selain itu polisi wanita cenderung menghargai kemampuan individu serta lebih flexibel terhadap aturan-aturan yang ada dan telah ditentukan. Pemimpin wanita disini juga menunjukkan bahwa wanita lebih bergantung pada orang lain dan berorientasi pada hubungan kerja sama yang tidak otoriter.

 

Keyword : Gaya Kepemimpinan, Polisi Wanita

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/314/jiptummpp-gdl-s1-2009-kholilahyu-15691-1+PENDAH-N.pdf


Keywords


Gaya Kepemimpinan; Polisi Wanita; UMM