KOMPETENSI INTERPERSONAL DENGAN TEMAN SEBAYA PADA REMAJA YANG MENGIKUTI HOMESCHOLLING TUNGGAL

IRA PUTRI ANDHIKA

Abstract


Akhir-akhir ini remaja banyak yang memilih homeschooling sebagai pendidikan alternatif untuk media pembelajaran mereka. Ada beberapa alasan yang digunakan mereka dalam memilih dan menentukan model pembelajaran ini. Dan ada beberapa manfaat pula yang akan diperoleh, salah satunya adalah memaksimalkan potensi mereka di bidang yang mereka tekuni tanpa harus menggangu jadwal belajar. Homeschooling terbagi menjadi tiga tipe yaitu homeschooling tunggal, homeschooling majemuk dan komunitas homeschooling. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan serta konsekuensi masing-masng. Salah satu konsekuensi yang paling tampak adalah masalah kompetensi interpersonal dengan teman sebayanya. Kompetensi interpersonal sangat penting karena setiap individu diciptakan sebagai makhluk sosial. Berdasarkan latar belakang tersebut maka peneliti bertujuan untuk memberikan gambaran berkaitan dengan kompetensi interpersonal pada remaja yang mengikuti homeschooling tunggal serta untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Jumlah subyek yang digunakan 3 orang remaja yang mengikuti homeschooling tunggal di Yayasan Bina Mekanika Jakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur dan observasi.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa subyek penelitian yang mengikuti homeschooling tunggal memiliki kompetensi interpersonal, karena menunjukkan kemampuan untuk berinisiatif, bersikap terbuka, bersikap asertif, atau memberikan dukungan emosional serta mengatasi konflik. Adapun aktivitas-aktivitas yang mendukung kompetensi interpersonal tersebut antara lain: jalan-jalan, nonton bioskop, bermain PS, latihan band atau latihan vokal bersama teman sebaya. Kompetensi interpersonal yang dimiliki tidak lepas dari faktor-faktor yang mempengaruhinya antara lain tipe kepribadian, kontak sosial subyek dengan orangtua, kematangan cara berpikir serta keaktifan dalam kegiatan sosial.

 

Keyword : Kompetensi Interpersonal, Homeschooling Tunggal

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/314/jiptummpp-gdl-s1-2009-iraputrian-15692-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Kompetensi Interpersonal; Homeschooling Tunggal; UMM