HUBUNGAN ANTARA SENSE OF HUMOR DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN

NURINDAH RATNA SARI

Abstract


Kehidupan mahasiswa terutama pada semester lima erat dengan beban matakuliah yang padat meliputi praktikum yang berlebih, tugas kuliah yang banyak, tugas lapangan, hingga PKL. Situasi ini mendekatkan mahasiswa dengan stres, hal ini bisa dihindari antara lain dengan meningkatkan dukungan sosial, meningkatkan kontrol pribadi, menejemen stres dengan fokus untuk pengurangan reaksi stres, meditasi, hipnosis, yoga terapi tawa dan humor. Untuk dapat mengamati, merasakan, atau mengungkapkan humor, seseorang memerlukan sense of humor. Shuster (2007) menemukan perbedaan gender berpengaruh terhadap respon yang diberikan dengan memperlihatkan perbedaan pria dan wanita dalam menggunakan dan mengapresiasi humor. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan sense of humor dengan tingkat stres pada mahasiswa ditinjau dari perbedaan jenis kelamin.
Penelitian ini menggunakan purposive sampling, sampel berjumlah 100 orang, terdiri dari 50 mahasiswa dan 50 mahasiswi, dengan kriteria berada pada semester 5 dengan SKS minimal 90 SKS (dihitung dengan pengambilan mata kuliah per semester berjumlah 18 SKS). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua buah skala yaitu skala sense of humor dan skala stres. Sedangkan metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah product moment.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dan dari data yang telah didapatkan dapat ditarik kesimpulan bahwa (r = - 0,005: p = 0,957) tidak ada hubungan antara sense of humor dengan stres mahasiswa. Hal ini berarti tinggi-rendahnya stres mahasiswa tidak bisa ditentukan dari tinggi-rendahnya sense of humor yang dimiliki. Hal ini diasumsikan terjadi karena tidak semua mahasiswa menggunakan humor untuk mengurangi stres yang dihadapi. Banyak pilihan yang dapat dipergunakan untuk menyesuaikan diri dengan stres, antara lain menggunakan teknik fokus pada permasalahan yang dihadapi, dan menggunakan teknik pertahanan diri yang lain.

 

Keyword : Sense of humor, Stres, Jenis Kelamin

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/314/jiptummpp-gdl-s1-2009-nurindahra-15693-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Sense of humor; Stres; Jenis Kelamin; UMM