HUBUNGAN ANTARA AKTUALISASI DIRI DENGAN INTENSI MEMBELI LAPTOP PADA DOSEN

Yuswin Amirawati

Abstract


Saat ini teknologi semakin canggih, salah satunya laptop yang semakin meningkat penggunaannya, tidak terlepas itu pada kalangan dosen sekalipun. Hal ini terkait dengan tuntutan profesi sebagai pengajar yang harus terus belajar dan mengembangkan kemampuan-kemampuan yang dimiliki, yang memunculkan kebutuhan aktualisasi diri, merupakan hasrat yang kecenderungan dari keinginan untuk menjadi seseorang yang sesuai dengan poensi yang dimiliki dan diinginkan, salah satunya dapat dipenuhi dengan laptop hal mana dengan laptop, dosen dapat mengerjakan tugas kerja seperti, mengetik sebuah karya tulis kapanpun dan dimanapun, hingga di setiap saat dapat saja menuliskan inspirasi, selain itu laptop dilengkapi fitur WI-FI memberikan kemudahan dalam mencari berbagai informasi, literatur dan jurnal secara on-line kapan saja, dan dimana saja, turut meningkatkan produktifitas intelektual seorang dosen. Apakah kebutuhan akan peningkatan potensi diri pada seorang dosen, dalam hal ini aktualisasi diri, dapat terpenuhi salah satunya dengan membeli laptop, yang tentu memunculkan niatan (intensi) yang cenderung kearah terbentuknya perilaku untuk membeli laptop. Dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara aktualisasi diri dengan intensi membeli laptop pada dosen.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh dosen Universitas Muhammadiyah Malang, yang mana sampelnya sebagian dosen Universitas Muhammadiyah Malang yang berjumlah 50 orang, yang diambil dengan teknik sampel purposif sampling. Sedangkan, metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala, ada 2 skala yang digunakan yaitu skala aktualisasi diri dan skala intensi membeli yang disusun oleh peneliti sendiri, untuk metode analisa data dengan menggunakan teknik Product Moment dari Karl Pearson yang dibantu dengan program komputer SPSS 12.
Dari analisa data yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa (r = 0,551 ; p = 0,000) maka dapat disimpulkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara aktualisasi diri dengan intensi membeli laptop pada dosen, hal ini berarti bahwa aktualisasi diri yang dimiliki tinggi, maka memiliki intensi membeli laptop yang tinggi pula, sebaliknya aktualisasi diri yang dimiliki rendah, maka memiliki intensi membeli laptop yang rendah. Dari penelitian ini didapatkan koefisien determinan variabel (r2) sebesar 0,304 yang artinya sumbangan efektif aktualisasi diri terhadap intensi membeli adalah sebesar 30,4%, dan sisanya sebesar 69,6% dipengaruhi faktor-faktor lain.

 

Keyword : Aktualisasi diri, Intensi membeli, Laptop

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/318/jiptummpp-gdl-s1-2009-yuswinamir-15874-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Aktualisasi diri; Intensi membeli; Laptop; UMM